Powered By Blogger

Senin, 05 Desember 2011

PENDIDIKAN - SOAL UTS FILSAFAT ILMU 2011


  • Filsafat ilmu adlah merupakan dari filsafat yang menjawab berbagai pertanyaan mengenai hakikat ilmu. Filsafat ilmu sangat berkaitan erat dengan epistemology dan ontology. Jelaskan relasi antara filsafat ilmu, epistemology dan ontology ?
  • Aliran berpikir filsafat pada dasarnya dibagi dua yaitu empirisme dan rasionalisme. Empirisme menggunakan pengalaman indera untuk memperoleh pengetahuan, sedangkan rasionalisme menggunakan kekuatan berpikir abstrak dalam mengkontruksi pengetahuan. Jelaskan hubungan antara empirisme dan rasionalisme dengan system logika ?
  • Jelaskan peran penting asumsi dan keyakinan dalam kegiatan berpikir rasional tentang system perencanaan pendidikan ?
  • Filsafat ilmu pada dasarnya cara untuk membuktikan kebenaran. Jalan mencari, menemukan kebenaran dapat ditempuhy dengan kegunaan berbagai pendekatan ilmu, filsafat dan agama. Ketiga mempunyai bidang persamaan, perbedaan yg satu terhadap yang lainnya. Cobalah gambarkan relasi antara ketiganya ?
  • Paradigma pendidikan sedang mengalami perubahan yang cepat sebagai dampak dari ditemukannya berbagai teori tentang cara kerja otak manusia, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jelaskan peran filsafat imlu dalam menunjang pengembangan perencanaan pendidikan untuk masa depan agar pendidikan dapat diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan hidup siswa.
  • Kebenaran ilmu pengetahuan adalah kebenaran positif (berlaku sampai saat ini), kebeneran filsafat adlaah kebenaran spekulatif (dugaan yg tdk dapat dibuktikan secara empiris, riset dan eksperimental). Kebenaran ilmu maupun kebenran filsafat kedua-duanya nisbi (relative). Sedangkan kebenaran agama bersifat mutlak (absolut). Coba jelaskan bagaimana menggunkan ilmu pengetahuan, filsfasat, dan agama agar sinegis agar pendidikan memiliki dampak yg baik terhadap perkembangan generasi muda. Berikan contoh-contoh yg konkret seperti yang saudara dapatkan secara pragmatis dalam kehidapan sehari2.

2 komentar:

  1. kunci jawabannya mana?

    BalasHapus
  2. Bagiii Jawabannya *Teriaaaaak sambil guling guling.... T_T

    BalasHapus