Powered By Blogger

Sabtu, 08 Januari 2011

Fedora 14

Salam KPLI Bogor yang telah banyak memberikan kontribusi dan semangat OpenSource pada diri gue. Nah kebetulan mulai hari ini berniat untuk mengenal distro linux yang cukup ternama yaitu FEDORA. Yup betul sekali Linus Torvalds Seorang sesepuh yang sangat berpengaruh dalam dunia Linux. Dialah yang membuat dan mengembangkan distro Linux Fedora ini (maaf kalau salah hehe).

Distro Fedora yang merupakan turunan dari Redhat ini sudah mencapai versi 14. Nama lain (codename) Laughlin.

Gue mencoba untuk menginstall ke dalam laptop, yang sebelumnya sudah terdapat Ubuntu Linux di dalamnya he...

Dengan mengandalkan Live USB Fedora yang gue buat sendiri via ubuntu.
Mulai lah instalasinya :
http://docs.fedoraproject.org/en-US/Fedora/14/html/Installation_Guide/index.html

Kita lanjut ke masalah Grub
Gue dapat masalah setelah instalasi selesai. Grub gue ga bisa menampilkan Ubuntu. Panik sih! Tapi langsung gue mulai googling.
Langsung aja caranya :
  1. masukin live cd ubuntu
  2. masuk terminal, $ sudo fdsik -l
  3. cek partisi ubuntu ada di sda brp?
  4. $ sudo mount -t ext4 /dev/sda8 /mnt/ 
  5. $ sudo mount -t proc proc /mnt/proc/   
  6. $ sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/  
  7. $ sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/ 
  8. $ sudo chroot /mnt /bin/bash 
  9. $ grub-install /dev/sda 
  10. $ /grub-install /dev/sda8 
  11. lalu reboot
Perhatikan sda8 adalah partisi ubuntu saya.


Dan alhamdulillah Grub kembali ke Bootloader si Ubuntu.
Nah lho mana Fedora saya sekarang! Kembalilah saya panik dan selama satu hari Ngoprek tuh bagaimana menambahkan / menu entry Si Fedora ke dalam grub.cfg.
Caranya :

  1. masuk dulu ke dalam ubuntu
  2. install dulu paket lvm nya di terminal $ sudo apt-get install lvm2
  3. cek module nya ketik $ sudo modprobe dm-mod
  4. lalu cek partisi lvm nya masuk root dulu, dengan ketik $ vgchange -ay
  5. muncul lah partisi lvm dengan laporan (2 logical volume(s) in volume group "vg_localhost" now active)
  6. selanjutnya, berarti secara otomatis partisi lvm sudah ter-mount 
  7. Terus, cek lg ketik $ sudo fdisk -l (untuk melihat semua partisi)
  8. lalu ketik $ df (nanti terlihat dalam barisnya kalo partisi lvm sudah termount). Cth : /dev/mapper/vg_localhost-lv_root
  9. langkah terakhir, sudo apt-get update grub.
  10. Lalu Reboot. Insya Allah pada Grub Ubuntu akan ada Fedora di baris terakhir.



Semoga bermanfaat...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar