Powered By Blogger

Jumat, 10 Februari 2012

PENDIDIKAN - SOAL UAS PARADIGMA BARU DALAM PENDIDIKAN 2012


1.      Dalam upaya meningkatkan dan pemerataan pendidikan, peran masyarakat sangat penting terutama dalam penyelenggaraan pendidikan berbasis masyarakat, mengapa pendidikan berbasis masyarakat sangat dibutuhkan ? Bagaimana implementasinya serta apa tujuan dari pengembangan pendidikan berbasis masyarkat ? Apa kaitannya antara pendidikan berbasis masyarakat (PBM) dengan Manajemen Berbasis Sekokah (MBS). Jelaskan menurut pola pikir anda !
2.       Portofolio dalam pendidikan merupakan bagian yang sangat penting untuk mencapai tujuan belajar atau kompetensi sesuai dengan yang telah ditentukan dalam kurikulum. Mengapa penilaian berbasis portofolio dibutuhkan untuk mengukur hasil belajar ? Bagaimana implementasi penilaian berbasis portofolio di sekolah anda ? Apa saja kekurangan dan kelebihan penilaian berbasis portofolio yang anda temukan di lapangan ?
3.       Program pendidikan kecakapan hidup dapat dibagi menjadi 2 jenis, coba jelaskan kedua kecapakan hidup tersebut. Mengapa proram kecakapan hidup perlu diberikan pada sekolah umum ? Bagaimana implementasinya ke dalam kurikulum di sekolah anda ? Adakah kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya ?
4.       Mengapa manajemen berbasis sekolah (MBS) perlu dilaksanakan ? Bagaimana implementasi MBS tersebeut di sekolah anda ? Apa tujuan dan strategi MBS tersebut dalam upaya meningkatkan mutu ? Kelebihan dan kendala apa yang anda temukan dalam pelaksanaannya ?
5.       Di era globalisasi sekarang ini proses pembelajaran dapat didukung melalui pemanfaatan E-Learning, bagaimana pendapat anda bahwa E-Learning dalam menunjang pembelajaran di sekolah anda ? Syarat-syarat apa yang harus dipenuhi untuk mendukung pembelajaran berbasis elektronik tersebut ? Kelebihan dan kendala apa yang anda temukan bila proses pembelajarana menggunakan E-Learning diterapkan ? 

 Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar