Powered By Blogger

Selasa, 14 Februari 2012

PENDIDIKAN - UAS PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2012


  1. Undang-undang tentang SISDIKNAS menyatakan Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki ketaatan spiritual keanekaragaman, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kecerdasan dan factor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan individu ?
  2. Daniel Goleman dakam Emotional Intelligence mengemukakan dimensi (quadrant) emosi yang dapat mempengaruhi keberhasilan individu dalam menyesuaikan diri. Berdasarkan dimensi kecerdasan emosional tersebut, maka jelaskan :
    Aspek-aspek kecerdasan emosi pribadi ?
    Ciri-ciri dimensi kecerdasan emosional ?
  3. Paul Stolta mengembangkan Adversity Quotient sebagai salah satu penentu kesuksesan individu. Jelaskan dengan contoj dalam konteks pendidikan dan pembelajaran sebagai berikut :
    Ciri-ciri tipe individu yang menghadapi tahap menuju puncak
    Dimensi CO2RE yang digunakan individu dalam menghadapi masalah/tantangan ?
  4. Seorang pakar psikologi perkembangan Howard Gardner mengemukakan Teori Multiple Intelligence yang terdiri atas 8 tipe kecerdasan. Jelaskan dengan contoh sebagai berikut :
    Pengertian dari tipe-tipe multiple intelligence tersebut ?
    Berdasarkan kompetensi dasar atau topic pembelajaran )yang saudara tentukan sendiri). Maka identifikasi strategi dan aktivitas pembelajaran yang efektif untuk setiap tipe kecerdasan ?
  5. Menurut Ary Ginanjar Agustian, penulis buku ESQ bahwa kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang luas. Selanjutnya ia menyatakan bahwa kecerdasan spiritual dapat dikembangkan melalui 3 metode efektif yaitu kepemimpinan (leadership), system dan nilai (value).  Jelaskan dengan contoh dalam konteks pendidikanm bagaimana menerapkan ketiga metode tersebut di sekolah / lembaga pendidikan dan pelatihan ?

3 komentar:

  1. kalau dah tahu dari sebelum pelaksanaan uas lebih membantu ,ada jawabannya ngga ?

    BalasHapus
  2. aku jg mau dong jawaban'y,he..he...

    BalasHapus
  3. soal,y sama persis,dg soal uas skr.

    BalasHapus