Powered By Blogger

Selasa, 14 Februari 2012

PENDIDIKAN - UAS FILSAFAT ILMU 2012


FILSAFAT ILMU (pak yosa)
  1. Terapan dalam filsafat ilmu adalah pengungkapan proses berpikir melalui metode ilmiah. Salah satu wujudnya adalah filsafat penelitian. Jelaskan ranah umum dalam filsafat penelitian tersebut ?
  2. Prosedur metode ilmiah merupakan sarana berpikir ilmu, uraikan tahapan metode tersebut dan jelaskan keterkaitan pada masing-masing tahapan tersebut !



FILSAFAT ILMU (pak nandang)
  1. Jelaskan secara singkat pengertian filsafat ilmu. Penjelasan harus mencakup pengertian ilmu dan pengetahuan serta jenis-jenis pengetahuan disertai contoh. Jelaskan disertai contoh dan ilustrasi tentang tiga azas keilmuan
  2. Jika ditelaah secara mendalam ternyata muara dari pemikiran para filosof terarah pada dua mashab dalam memandang kebenaran yaitu pemikiran yang mengutamakan rasional dan pemikiran yang mengutamakan empiris.
    Jelaskan prinsip-prinsip pemikiran tentang kebenaran dari beberapa aliran filsafat yang tergolong mengutamakan rasional
    Jelaskan prinsip-prinsip pemikiran tentang kebenaran dari beberapa aliran filsafat yang tergolong mengutamakan empiris
    Jelaskan pemikiran Imanuel Kant,  sebagai tokoh peletak dasar lahirnya metode ilmiah dalam mencari kebenaran.
  3. Ada empat teori dalam memandang kebenaran, pilih dua teori yang paling anda pahami, kemudian lakukan komparasi diantara kedua teori tersebut. Uraikan persamaan dan perbedaannya, dan bagaimana tanggapan anda berkaitan dengan kedua teori kebenaran tersebut ?
  4. Hakikat ilmu dapat dijelaskan dari tiga perspektif yaitu ilmu sebagai proses, ilmu sebagai metode / prosedur, dan ilmu sebagai produk. Jelaskan ketiga perspektif tadi disertai contoh.
    Uraikan secara singkat abstraksi dari tugas makalah anda
    Coba anda ungkapan satu isu pendidikan yang relevan dengan substansi makalah disertai pemikiran anda sendiri, uraikan pandangan anda berkaitan dengan isu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar