Powered By Blogger

Selasa, 14 Februari 2012

PENDIDIKAN - UAS SOSIOLOGI PENDIDIKAN 2012


  1. Perubahan social sering sekali menimbulkan konflik di dalam masyarakat. Perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat akan membuat kegoncangan proses social di masyarakat bahkan akan terjadi penolakan terhadap semua bentuk perubahan karena dianggap mengacaukan tatanan kehidupan masyarakat yang telah ada. Apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut ? Berikan beberapa contoh dan pemecahannya yang anda temukan di dalam ruang lingkup pendidikan.
  2. Pendidikan yang melahirkan lulusan yang siap untuk berwirausaha diharapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan tidak berharap hanya menjadi pegawai atau karyawan saja. Perubahan social dan kritik atas lembaga pendidikan ini sangat memungkinkan masyarakat dapat berperan aktif dalam menciptakan entrepreneur muda. Jelaskan dengan memaparkan secara umum ciri-ciri entrepreneur !
  3. Dalam interaksi pembelajaran dibutuhkan strategi dan metode pembelajaran yang menyenangkan. Metode tanya jawab, tugas, latihan, pembiasaan dan keteladanan merupakan beberapa dari berbagai metode yang dapat dikembangkan pendidik dengan mempertimbangkan potensi, minat dan bakat peserta didik dalam berpikir, bersikap dan bertindak. Dibutuhkan pendidik yang dapat dijadikan panutan dan dapat memahami potensi peserta didik yang bermacam-macam yang disebut dengan multiple intelligence atau kecerdasan. Jelaskan pernyataan di atas dengan mengkaitkan delapan kecerdasan.
  4. Bagaimana anda menyikapi pertentangan social pada sebagian masyarakat yang menyatakan bahwa ‘ekonomi adalah prioritas utama dibandingkan dengan pendidikan’ ? Sedangkan di sisi lain dinyatakan  bahwa ‘pendidikan sebagai investasi jangka panjang’ ?
  5. Dalam pembangunan karakter karakter bangsa pendidikan menempati posisi sangat strategis baik formal, non formal, maupun informal. Apa yang anda pahami dengan pendidikan formal, nonformal, informal ? Jelaskan dengan konteks sekolah, madrasah, pesantren dan lembaga pendidikan lainnya dalam pendidikan karakter bangsa !
  6. Jelaskan menurut anda perubahan paradigma masyarakat dalam mencari lembaga pendidikan yang diminati. Dahulu lembaga pendidikan keguruan, keagamaan dan kejuruan jarang diminati. Tapi sekarang masyarakat cenderung memilih pendidikan tersebut dijadikan pilihan utama yang banyak diminati. Bagaimana tanggapan menurut anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar